Telur asin berwarna merah berbeda dengan Telur Asin Jogja

Seperti warna pada umumnya Telur Asin Jogja berwarna biru muda. Tapia pakah anda pernah melihat telur asin berwarna merah? Mungkin buat orang asli jogja di pasar malam sekaten ada yang pernah melihatnya, tapi masa sekarang keberadaanyapun sudah sangat langka. Jika anda belum pernah melihat telur berwarna merah maka datanglah ke negara Filipina.

Telur asin juga merupakan makanan yang digemari masyarakat Filipina, kira-kira rasanya sama atau tidak dengan Telur Asin Jogja? Perbedaan telur asin di Filipina adalah kulitnya berwarna merah dan dari mana asal warnanya? Apakah anda berminat mencoba telur asin merah khas Filiphina?

Meski populer di negara-negara Asia Tenggara, telur asin disebut berasal dari Tiongkok. Telur asin disebutkan dalam sebuah buku sejarah di Tiongkok yang dibuat pada abad ke-6.

Di Filipina, telur asin dikenal dengan nama ‘itlog na maalat’. Telur asin umumnya dibuat dengan dua cara, yang pertama, telur bebek bisa direndam dalam air asin. Kemudian yang kedua, telur dilumuri satu persatu dalam adonan bata merah yang diberi garam seperti pada pembuatan Telur Asin Jogja.

Tetapi di Filipina, kebanyakan telur asin dibuat dengan campuran tanah liat yang diberi air garam. Kemudian telur dilumuri satu-satu dalam campuran itu dan disimpan kotak kayu. Telur itupun disimpan selama sekitar dua sampai tiga minggu sebelum dibersihkan, direbus dan dikonsumsi. Selanjutnya, telur asin di Filipina diberi pewarna merah kulitnya.

Lalu apa tujuan telur asin di Filipina diberi pewarna? Rupanya, tujuan telur asin di Filipina diberi warna adalah untuk membedakannya dari telur bebek yang masih mentah, ini karena di Filipina, penjual telur di pasar meletakkan telur asin berdampingan dengan telur bebek segar (mentah). Makanya, telur asin diberi pewarna merah supaya pembeli tidak kebingungan dan penjual tidak keliru.

Tetapi menurut penulis, masih lebih bagus Telur Asin Jogja yang tanpa pewarna karena zat pewarna merah bisa mencemari makanan, terutama makanan yang bersentuhan dengan kulit telur jika dikasih pewarna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *